Rabu, 23 November 2016

9 Makanan Bergizi Bagi Jantung


9 Makanan Bergizi Bagi Jantung
Hai sahabat, kalian pasti tahu bahwa jantung merupakan bagian yang teramat penting bagi tubuh kita. Jantung memompa darah ke seluruh tubuh, jika kestabilannya terganggu maka fungsi pada tubuh kita juga akan bermasalah, maka dari itu kita harus menjaganya dengan baik. Apa yang kita konsumsi setiap hari juga akan berdampak pada organ tubuh kita, terutama jantung.
     Makanan yang terlalu banyak mengandung lemak jahat akan berakibat tidak baik bagi diri kita sendiri. Yuk simak ulasan tentang makanan bergizi bagi jantung yang berikut ini:

Daftar Makanan Sehat bagi Jantung

1. Jeruk
Buah yang banyak mengandung vitamin C ini memiliki Pektin yang akan membantu menetralkan protein galektin-3 yang bisa merusak sel-sel jantung kita. Usahakan mengkonsumsi buah ini ya..

2. Kopi
Nah, jika anda penggemar setia kopi, maka ini tentu akan menjadi berita baik bagi anda. Karena dua cangkir kopi sehari dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung, selain itu minuman berwarna hitam ini dapat memperbaiki fungsi vaskular pada tubuh anda.

3. Pop Corn
Ahli nutrisi, Samantha Cassety mengatakan “Makanan yang berasal dari butiran jagung ini sangat kaya akan polifenol, antioksidan-nya akan sangat berguna bagi kesehatan jantung”.

4. Madu
Madu dan gula memang sama-sama memiliki rasa yang manis, bedanya madu merupakan sebuah pemanis alami dan akan menguntungkan bagi kesehatan jantung kita. Beberapa kajian menyatakan bahwa madu dapat membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh.

5. Bayam
Sayur hijau yang satu ini mengandung serat dan potasium yang mampu mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

6. Oatmel
Oatmeal kaya akan serat juga mengandung zat alami yang dapat menyerap kolesterol jahat yang berada di arteri. Makanan ini akan sangat cocok bagi anda, dapat digunakan untuk sarapan juga.

7. Ikan Sarden
Ikan ini kaya akan omega-3 yang bisa mengurangi tingkat darah trigliserida yang akan menyumbat arteri, selain itu bisa juga untuk mencegah peradangan.

8. Coklat Hitam
Nah, ini adalah kabar bahagia bagi penggemar coklat. Coklat hitam ini mengandung flavonoid yang bisa mengurangi resiko terjangkit penyakit kardiovaskular. Tapi yang perlu anda ingat, jangan mengkonsumsi secara berlebihan, tetap harus di konsumsi sesuai takaran ya.

9. Alpukat
Siapa yang tak kenal dengan si buah hijau yang satu ini, alpukat memiliki lemak baik yang bisa membantu melawan lemak jahat/kolesterol. Bagi anda yang mengidap kolesterol LDL bisa mengkonsumsi buah ini, karena lemak tak jenuh pada buah ini akan menurunkan kolesterol pada tubuh anda.

 Daripada anda mengkonsumsi obat-obatan, lebih baik anda cegah penyakit jantung tersebut dengan makan-makanan yang sehat. Nah, sekian dulu uraian singkat tentang makanan bergizi bagi jantung. Semoga bermanfaat bagi anda..
~ Salam Jantung Sehat untuk Semua ~


Sumber:  http://www.inaheart.or.id/artikel/149-9-makanan-bergizi-bagi-jantung/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar